Langsung ke konten utama

Tutorial Membuat Aplikasi Android dengan Python dan Kivy Input data Administrator ke Database SQLite serta sistem login administrator

 Hai Koder.. Seneng rasanya saya masih bisa mencatat hal hal yang baru saya pelajari dalam Bahasa Pemrograman Python dan Kivy sebagai User Interfacenya. Semoga apa yang saya Catat di blog ini dapat memberi manfaat untuk koder semua, Terutama untuk diri saya pribadi. Aamiin

Melanjutkan catatan kemarin yaitu, Membuat Aplikasi Android denganPython dan Kivy untuk Halaman Login Administrator. Sekarang saya akan mencatat lanjutannya, Tutorial Membuat Aplikasi Android dengan Python dan Kivy Input data Administrator ke Database SQLite serta sistem login administrator.

oke langsung saja saya catat. langkah pertama adalah,

Membuat Tabel admin di Database SQLite

Buka database SQLite via Browsernya, dalam catatan ini saya menggunakan database dengan nama lapakngoding.db. ini adalah database yang sudah ada atau hasil catatan tutorial awal beberapa bulan lalu. untuk koder yang ingin memahaminya silahkan lihat catatan saya yang berjudul: Cara Install Sqlite di Linux Ubuntu.

 Saya membuat tabel admin dengan nama tabel administrator dan field nya idadmin, username, passadmin, emailadmin. langsung aja di eksekusi dengan kode berikut:

Membuat Halaman untuk Input data Administrator

Langkah kedua

Membuat Halaman untuk input data administrator berupa username, password, dan email. Caranya kita buat file di folder utama yaitu Folder Aplikasi Python - nama file mainadm.py berikut screenshot susunan foldernya:

buka file mainadm.py tersebut dengan kode editor lalu tuliskan kode di bawah ini


setelah file mainadm.py selesai lanjut ke

Langkah ketiga

Menambahkan kode pada file screens.py yang berada di folder Aplikasi Python - screens - screens.py berikut screenshot susunan foldernya:

buka file screens.py tersebut dengan kode editor lalu tambahkan kode pada baris ketiga berikut kodenya


Langkah keempat

masih di dalam folder screens buat file dengan nama daftaradm.py susunan foldernya perhatikan gambar pada langkah ketiga. copy paste saja dari daftar.py lalu hapus kodenya dan ketik kode berikut ini:

Langkah kelima

dari folder screens, kita beralih ke folder kv untuk membuat tampilan form inputnya. bisa dibilang foder kv ini adalah css dalam bahasa HTML, dan KV adalah singkatan dari kivy. 

Masih dengan cara yang simpel, yaitu dengan copy paste dari file daftar.kv lalu rubah atau rename file baru tersebut dengan nama daftaradm.kv. Buka file hapus kodenya dan tuliskan kode berikut:

Sebelum masuk pada langkah keenam, baiknya kita coba menjalankan dahulu script dari file yang kita buat tadi, melalui kode editor, di sini saya menggunakan Visual Studio Code. Jadi, bisa langsung dijalankan dari kode editor tersebut. Caranya, masuk ke file mainadm.py lalu klik icon segitiga di kanan atas, otomatis akan langsung berjalan. Berikut tampilannya ketika dijalankan.

Buat koder yang menjalankannya melalu terminal dan masih bingung, bisa baca tutorialnya di Menjalankan Python di Linux.

Langkah keenam

lalu langkah keenam kita coba input data administrator melalui Halaman input data admistrator yang telah kita buat. disini saya input dengan data sebagai berikut perhatikan gambar


lalu klik input data admin, jika berhasil maka akan muncul notif seperti gambar berikut


jika data sudah ada dalam database maka muncul notif sebagai berikut


Jika Password kurang dari 8 karakter makan muncul notif


Jika password berbeda dengan konfirmasi password maka akan muncul notif


dan ini tampilan database SQLite ketika berhasil input data jika di lihat dengan DB Browser SQLite

oke kita lanjut ke langkah terakhir

Langkah ketujuh

Setelah berhasil input data sekarang kita coba login dengan data yang sudah terinput di database SQLite. Tapi sebelumnya kita buat dahulu halaman login administratornya dengan 2 file tambahan ya itu:

1. hallogadmin.kv disimpan dalam folder Aplikasi Python - kv berikut kodenya


2. hallogadmin.py disimpan dalam folder Aplikasi Python - Screens berikut kodenya


dan jika berhasil makan akan muncul notif Berhasil login! Hi AdminLapakNgoding lihat di pojok kiri bawah. karena ini masih ujicoba jadi saat berhasil login belum masuk ke Halaman Administrator. 

Jadi, buat para sobat yang masih penasaran harap bersabar, karena proses mungkin agak lama, sebab laptop yang biasa saya gunakan sedang terkendala di biosnya. dan asal sobat tau aja, ini saya update dengan minjem laptop tetangga.

dan nantikan versi videonya di CHANNEL YOUTUBE LapakNgonding jangan lupa SUBSCRIBE ya channelnya. Terima kasih

Jakarta, Minggu sore Sehabis pulang dari Cikao Park ngajak anak liburan. Langsung minjem laptop tetangga, karena teringat masih ada konten yang gantung.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Aplikasi Android dengan Python dan Kivy untuk Halaman Login Administrator

Melanjutkan dari Catatan yang kemrin yaitu Membuat Aplikasi Android SistemEnkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login denganPython dan Kivy . Buat yang baru mampir silahkan baca catatan sebelumnya agar dapat mengerti alurnya catatan kali ini. Sekarang saya ingin mencatat Membuat Aplikasi Android dengan Python dan Kivy untuk Halaman Login Administrator. langkah awal, di file main.py yang berada di folder Aplikasi Python - main.py tambahkan kode pada class LapakNgoding untuk memanggil atau menjalankan file hallogadmin.py baris kodenya ada di baris ke 19 perhatikan baris kode di bawah ini. lanjut kita buat file python dengan nama hallogadmin.py yang berada di folder Aplikasi Python - screens - hallogadmin.py berikut susunan kodenya. lalu untuk meload class Hallogadmin yang berada di dalam file hallogadmin.py kita perlu menambahkan kode di file screens.py yang berada di folder Aplikasi Python - screens - screens.py tambahakan dengan kode from screens . hallogadmin

Membuat Aplikasi Android Sistem Enkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login dengan Python dan Kivy

  Hai Koder, jangan lupa baca catatan sebelumnya ya untuk mengerti alur catatan Membuat Aplikasi Android Sistem Enkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login dengan Python dan Kivy. Silahkan koder baca disini . oke kita mulai Membuat Aplikasi Android Sistem Enkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login dengan Python dan Kivy Skema filenya sebagai berikut buka file hallog.kv yang berada di Aplikasi Python - kv - hallog.kv lalu pada bagian button login di tambahkan kode on_press : root.loginAcc pada bagian akhir MDRiseButton . berikut full kode hallog.kv. Jangan lupa id pada textfieldnya di bagian MDTextField id : username dan id : password . hallog.kv #:kivy 2.1 <Hallog>: MDFloatLayout: md_bg_color: ( "#d3ede6" ) Image: source: "kv/assets/foto/lapakngodingtr.png" size_hint: . 5 , . 5 pos_hint: { "center_x" : 0 . 5 , "center_y" : 0 . 70 } Image: source:

Cara Membuat Aplikasi Android Form Pendaftaran dengan Python dan Kivy dengan Parameter Input if elif else

begini koder, kemarin kan saya sudah mencatat Cara Membuat Form pendaftaran dengan Python dan GUI dengan KivyMD lalu di input ke database sqlite. Nah sekarang ini kelanjutanya dengan menambahkan form input username dan parameter pada username dan penambahan form input konfirmasi password. buat yang baru baca catatan ini lebih baik ikuti dahulu di catatan sebelumnya. agar dapat memahami alur dan susunan foldernya di kategori Membuat Aplikasi Android . Jadi, logikanya sebagai berikut : 1. Jika password yang di input kurang dari delapan karakter maka akan di tolak, lalu muncul notif "Password terlalu pendek mimal 8 karakter". beikut tampilannya 2. Jika username kurang dari 3 karakter, maka akan ditolak dan muncul notif Usename Minimal 3 karakter. berikut tampilanya 3. Jika Username sudah terdaftar di database maka akan di tolak, dan muncul notif "Username sudah terdaftar". berikut tampilannya 4. Jika pendaftaran berhasil maka akan muncul notif "Selamat kamu telah