Langsung ke konten utama

Membuat Aplikasi Android dengan Python dan Kivy untuk Halaman Login Administrator

Melanjutkan dari Catatan yang kemrin yaitu Membuat Aplikasi Android SistemEnkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login denganPython dan Kivy. Buat yang baru mampir silahkan baca catatan sebelumnya agar dapat mengerti alurnya catatan kali ini.

Sekarang saya ingin mencatat Membuat Aplikasi Android dengan Python dan Kivy untuk Halaman Login Administrator.

langkah awal, di file main.py yang berada di folder Aplikasi Python - main.py tambahkan kode pada class LapakNgoding untuk memanggil atau menjalankan file hallogadmin.py baris kodenya ada di baris ke 19 perhatikan baris kode di bawah ini.

lanjut kita buat file python dengan nama hallogadmin.py yang berada di folder Aplikasi Python - screens - hallogadmin.py berikut susunan kodenya.

lalu untuk meload class Hallogadmin yang berada di dalam file hallogadmin.py kita perlu menambahkan kode di file screens.py yang berada di folder Aplikasi Python - screens - screens.py tambahakan dengan kode

from screens.hallogadmin import Hallogadmin

berikut susuna kode screens.py perhatikan penambahan kode Hallogadmin ada di baris paling akhir.

dan sekarang, kita membuat login button di halaman login dengan susunan folder Aplikasi Python - kv - lalu file bernama hallog.kv buka file hallog.kv dan tambahkan kode untuk button login administrator perhatikan kode di bawah pada baris ke 58 s/d 67.

setelah selesai lalu jalankan maka halaman login menjadi sebagai berikut.

oke, halaman login sudah kita tambahkan button login untuk administrator. sekarang kita buat file hallogadmin.kv untuk tampilan halaman login administratornya. kita buat file tersebut di Aplikasi Python - kv - lalu file bernama hallogadmin.kv dan susunan kodenya sebagai berikut

jika dijalankan maka tampilan Login Administrator sebagai berikut

Sekian dulu untuk catatan Membuat Aplikasi Android dengan Python dan Kivy untuk Halaman Login Administrator. untuk catatan selanjutnya saya akan mencatat tentang membuat database untuk adminnya di database SQLite, Autentikasi admin dari data yang berada di database dan Halaman untuk Administrator jika berhasil login.

versi videonya di CHANNEL YOUTUBE LapakNgonding

jangan lupa SUBSCRIBE ya channelnya. Terima kasih

Jakarta, Minggu Malam di saat gerimis halus ga berhenti dari pagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Aplikasi Android Sistem Enkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login dengan Python dan Kivy

  Hai Koder, jangan lupa baca catatan sebelumnya ya untuk mengerti alur catatan Membuat Aplikasi Android Sistem Enkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login dengan Python dan Kivy. Silahkan koder baca disini . oke kita mulai Membuat Aplikasi Android Sistem Enkripsi dan Deskripsi Password Bcrypt untuk Autentikasi Login dengan Python dan Kivy Skema filenya sebagai berikut buka file hallog.kv yang berada di Aplikasi Python - kv - hallog.kv lalu pada bagian button login di tambahkan kode on_press : root.loginAcc pada bagian akhir MDRiseButton . berikut full kode hallog.kv. Jangan lupa id pada textfieldnya di bagian MDTextField id : username dan id : password . hallog.kv #:kivy 2.1 <Hallog>: MDFloatLayout: md_bg_color: ( "#d3ede6" ) Image: source: "kv/assets/foto/lapakngodingtr.png" size_hint: . 5 , . 5 pos_hint: { "center_x" : 0 . 5 , "center_y" : 0 . 70 } Image: source:

Cara Membuat Aplikasi Android Form Pendaftaran dengan Python dan Kivy dengan Parameter Input if elif else

begini koder, kemarin kan saya sudah mencatat Cara Membuat Form pendaftaran dengan Python dan GUI dengan KivyMD lalu di input ke database sqlite. Nah sekarang ini kelanjutanya dengan menambahkan form input username dan parameter pada username dan penambahan form input konfirmasi password. buat yang baru baca catatan ini lebih baik ikuti dahulu di catatan sebelumnya. agar dapat memahami alur dan susunan foldernya di kategori Membuat Aplikasi Android . Jadi, logikanya sebagai berikut : 1. Jika password yang di input kurang dari delapan karakter maka akan di tolak, lalu muncul notif "Password terlalu pendek mimal 8 karakter". beikut tampilannya 2. Jika username kurang dari 3 karakter, maka akan ditolak dan muncul notif Usename Minimal 3 karakter. berikut tampilanya 3. Jika Username sudah terdaftar di database maka akan di tolak, dan muncul notif "Username sudah terdaftar". berikut tampilannya 4. Jika pendaftaran berhasil maka akan muncul notif "Selamat kamu telah